Mekanisme Kerja Penangkal Petir Evo Franklin

penangkal petir EFHead Terminal Evo Franklin atau Air Terminal Penangkal Petir Evo Franklin adalah alat penerima sambaran petir yang berbasis kerja ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor). Dengan sistim kerja mengumpulkan energi awan disaat ada awan energi melintas di area perlindungan, kemudian menjemput kilatan petir dengan mengeluarkan lidah api penuntun keudara (streamer), menangkap dan menyalurkan ke bumi. Meskipun seluruh terminal unit penangkal petir jenis elektrostatis berbasis kerja sama yaitu ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor), akan tetapi penangkal petir Evo Franklin di rancang khusus untuk digunakan didaerah yang terdapat curah petir tinggi dan beriklim tropis seperti di Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya.

evo franklin lightning protectionProteksi eksternal Evo Franklin adalah instalasi dan alat-alat di luar suatu struktur bangunan untuk menangkap dan menghantarkan arus petir ke sistem pembumian (grounding). Dengan kata lain, proteksi eksternal Evo Franklin berfungsi sebagai ujung tombak penangkap muatan listrik dan arus petir di areal yang telah dipasang sistem proteksi petir. Terminal Udara (Air Terminal) Evo Franklin adalah bagian sistem proteksi petir eksternal yang di khususkan untuk menangkap sambaran petir, berupa elektroda logam yang dipasang secara tegak maupun mendatar. Penangkap petir di tempatkan sedemikian rupa sehingga mampu menangkap semua sambaran petir tanpa mengenai bagian struktur yang dilindungi.

ESE Terminal Evo Franklin adalah Head Unit yang di pasang pada bagian puncak tiang penangkal petir, ESE Terminal bekerja dengan mengeluarkan emisi “upward streamer” dari bumi, makin cepat early streamer di proyeksikan ke atas maka akan makin cepat downward leader muatan listrik yang terdapat di dalam awan.

Tinggalkan komentar